Panen Daun Indigofera Untuk Pakan kambing - Budidaya Tanaman Indigofera - Cara Pemberian Indigofera Untuk Kambing

Budidaya tanaman indigofera adalah sebuah aktivitas tanam menanam yang sangat mengasyikkan dan menghasilkan manfaat yang luar biasa untuk para peternak kambing domba. Dengan memiliki kebun indigofera sendiri maka kebutuhan nutrisi tinggi untuk ternak akan mudah tercukupi.

Indigofera bisa mencukupi kekurangan nutrisi dari jenis pakan hijauan lainnya yang tentu saja berlimpah di sekitar anda. Dengan pemberian daun indigofera secara rutin makan akan sangat mengurangi biaya peternak dalam memenuhi kebutuhan gizi kambing dombanya.
Berikut ini cara panen daun indigofera :

1. Siapkan alat potong berupa sabit yang tajam

Hal ini sangat penting untuk menjamin alat kerja panen berupa sabit bekerja dengan baik ketina digunakan, sabit atau parang yang tidak tajam bisa membuat tidak sempurna proses pemangkasan tanaman indigofera.

Teknik memotong yang salah juga sangat mempengaruhi pertumbuhan tunas indigofera, teknik potong yang benar adalah mengayunkan sabit atau parang dari bawah ke atas ( seperti pemain bulu tangkis megayunkan raketnya ketika menerima smash dari lawan ).

Dengan cara ini maka akan sekali tebas maka batang indigofera akan terpotong dengan sempurna, batang tidak pecah dan akan menjamin tunas berikutnya disekitar potongan tadi akan banyak.


2. Ketinggian potongan dahan

Untuk memudahkan pemanenan maka idealnya pohon indigo dipotong setinggi pusar atau dada manusia, hal ini akan memudahkan untuk pemanenan perdana maupun panen berikutnya.

3. Perlakuan sesudah panen

Dahan indigofera yang sudah dipanen baiknya segera di posisikan di tempat teduh sehingga tidak cepat kering terbakar terkena sinar matahari, hal ini sering terjadi karena daun indigofera yang tipis.

Hasil panenan segera dibawa ke area kandang dan WAJIB dilayukan dahulu 1-3 jam sebelum diberikan kepada ternak. Proses pelayuan ini sifatnya wajib dan harus karena sebagai peternak maka akan terbiasa menerapkan SOP peternakan yang benar bahwa semua hijauan yang dipanen dan akan menjadi pakan kambing wajib dilayukan dahulu.


Demikian cara budidaya tanaman indigofera - panen daun indigofera untuk pakan kambing - cara pemberian indigofera untuk kambing , apabila anda berminat untuk memiliki kebun atau hutan indigofera, kami menyediakan bibitnya, silahkan bisa contac kami dibawah ini :
 

78 Farm Jogja, Dusun kolowenang, Sumber arum,

 Moyudan, Sleman, Yogyakarta

 Tlp / WA : 0812-2838-0678

Google map : 78 Farm Jogja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budidaya Tanaman Indigofera, Pakan Berkualitas Untuk Ternak Kambing

Cara Tanam Indigofera Pakan Ternak Kambing Berkualitas - Jual Bibit Indigofera