Cara Tanam Indigofera Pakan Ternak Kambing Berkualitas - Jual Bibit Indigofera

Seperti kita ketahui bersama, tanaman Indigofera adalah jenis tanaman pakan ternak kambing yang memiliki nutrisi yang tinggi sehingga akan sangat membantu memaximalkan para peternak kambing dalam menjalankan usaha peternakannya.

Daun Indigofera ini cocok diberikan untuk semua jenis kambing maupun domba ataupun ternak ruminansia lainnya. Menurut pengalaman kami tidak perlu lama para ternak untuk adaptasi dengan aroma dan rasa daun indigofera ini.
Karena manfaat dari daun inigofera ini sangat bagus, ada baiknya para peternak kambing domba mulai melakukan aktivitas menanam tanaman ini.

Berikut ini cara tanam Indigofera secara sederhana yaitu dimulai dengan :

1. Persiapan lahan tanam

Lahan yang diperlukan untuk tanaman indigofera sebaiknya adalah lahan yang subur, mudah mendapatkan air dan terbuka sehingga mudah terkena banyak sinar matahari, hal ini akan sangat membantu pertumbuhan tanaman indigofera.

Tanah sebaiknya dicangkul atau ditraktor dahulu sehingga gembur dan membuka pori-pori tanah, kemudian bisa disebar pupuk kandang di semua lahan berikut kapur dolomit, namun apabila lahan sudah terlihat subur maka cukup membuka lahan saja dari semak belukar.


Kami membuka lahan baru diperbukitan dengan ketinggian 500 dpl, kondisi lahan agak kering, terasiring, sebelumnya lahan hanyalah semak belukar, dalam waktu 8 bulan, saat ini lahan ini sudah menjadi hutan indigofera.

Tanaman indigofera termasuk jenis tanaman yang istimewa, karena tanaman ini ditanam dibawah lahan perkebunan seperti albasia, jabon, kebun rambutan, mahoni, durian, pun masih bisa tumbuh dengan maximal. Indigofera hanya tidak bisa berkembang apabila ditanam disela-sela tanaman pohon jati karena daun pohon jati yang bentuknya lebar menyulitkan indigofera untuk tumbuh normal dan berkembang,

2. Persian bibit

Apabila lahan sudah dipersiapkan maka langkah berikutnya adalah menyiapkan bibit indigofera yang minimal sudah hidup dalam polibag selama 2 bulan atau setinggi 30 cm up dan akarnya sudah banyak.


3. Jarak tanam

Untuk jarak tanam indigofera idealnya 1 meter persegi, namun apabila lahan sangat luas, bisa dibuat 3 meter persegi. Teknik penanaman lainnya bisa menggunakan cara memposisikan tanaman indigofera ini sebagai tanaman pembatas lahan, artinya ditanam dipinggiran lahan yang anda punya.


4. Perawatan

Untuk perawataan awal adalah melakukan penyiraman untuk bibit tanaman yang baru saja ditanam, hal ini sangatlah oenting karena untuk tetap membuat bibit indigofera selalus segar karena baru saja dikeluarkan dari plastik polibag. Apabila telat melakukan penyiraman biasanya bibit indigoferanya akan layu dan mati.

Untuk perawatan berikutnya adalah memberikan pupuk kandang disekitar titk tanam secara berkala misalnya per 3 bulan sekali dalam 1 tahun pertama

perawatan tahun ke-2 adalah memberikan pupuk kandang sebanyak 10 kg-20 kg atau setengah karung per titik tanam, hal ini terlihat sangat susah dilakukan namun apabila anda bisa melakukan hal ini maka produksi daun indigoferanya akan sangat maximal.

Sebagai contoh untuk memberikan pakan 50 kambing dewasa, anda cukup memanen daun indigofera kurang lebih 20 pohon diameter 15 meter persegi, sangat efektif untuk aktivitas peternakan anda.

Demikian cara sederhana menanam dan merawat tanaman indigofera, apabila anda berminat untuk memiliki kebun atau hutan indigofera, kami menyediakan bibitnya, silahkan bisa contac kami dibawah ini :
 

78 Farm Jogja, Dusun kolowenang, Sumber arum,

 Moyudan, Sleman, Yogyakarta

 Tlp / WA : 0812-2838-0678

Google map : 78 Farm Jogja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panen Daun Indigofera Untuk Pakan kambing - Budidaya Tanaman Indigofera - Cara Pemberian Indigofera Untuk Kambing

Budidaya Tanaman Indigofera, Pakan Berkualitas Untuk Ternak Kambing